News
4 Prospek Kerja Menjanjikan Lulusan Public Relation

4 Prospek Kerja Menjanjikan Lulusan Public Relation

Bidang Public Relation (PR) adalah salah satu bidang studi yang menawarkan karier yang menjanjikan. Dengan bertambahnya jumlah perusahaan, bisnis, dan institusi di berbagai sektor, permintaan akan profesional PR yang kompeten dan terampil semakin meningkat, baik dalam skala lokal maupun internasional.

Ketika seseorang memilih untuk belajar jurusan Public Relations, sebenarnya dia sedang mempelajari gabungan teori dan konsep Ilmu Komunikasi dan Hubungan Masyarakat. Selama studi, individu ini akan dipersiapkan untuk menjadi profesional yang mampu membantu instansi atau perusahaan membangun citra positif dan menyampaikan pesan yang diinginkan kepada publik. Dengan kata lain, tugas utama seorang PR adalah memastikan citra positif dari sebuah instansi atau perusahaan.

Meskipun profesi PR sering kali diasosiasikan dengan suasana yang formal, kenyataannya ada banyak pilihan karier yang lebih fleksibel namun tetap menjanjikan. Jika Anda masih bingung tentang pilihan karier setelah lulus dari jurusan Public Relations, berikut adalah beberapa referensi yang mungkin bisa membantu Anda.

Corporate Communication

Sebagai seorang staf komunikasi perusahaan, tugas utama seorang PR adalah merencanakan komunikasi strategis untuk membangun dan menjaga hubungan baik dengan pihak internal dan eksternal perusahaan. Tugasnya seringkali melibatkan kegiatan seperti penyusunan siaran pers, manajemen media sosial, penyelenggaraan acara perusahaan, dan Corporate Social Responsibility (CSR). Keterampilan komunikasi yang baik, baik secara lisan maupun tertulis, sangatlah penting dalam peran ini.

Brand Marketing

Bagi mereka yang memiliki minat dalam bidang kreatif, karier dalam tim pemasaran merek bisa menjadi pilihan yang menarik. Sebagai bagian dari tim pemasaran merek, seorang PR bertanggung jawab untuk berkomunikasi dengan pengguna atau konsumen produk yang dihasilkan oleh perusahaan. Ini bisa melalui kampanye pemasaran, pembangunan komunitas, dan berbagai strategi komunikasi lainnya. Dalam peran ini, kerja sama dengan tim kreatif atau agensi pemasaran seringkali diperlukan untuk mencapai tujuan pemasaran yang diinginkan.

Konsultan Hubungan Masyarakat

Seorang konsultan PR bertanggung jawab untuk memberikan arahan kepada klien tentang bagaimana cara terbaik untuk berkomunikasi dengan publik target mereka. Keterampilan perencanaan strategis, komunikasi verbal dan tertulis, serta pemahaman tren media sangat penting dalam peran ini.

Presenter atau Pembawa Acara

Bagi mereka yang gemar berkomunikasi secara langsung, karier sebagai presenter atau pembawa acara bisa menjadi pilihan yang menarik. Seorang presenter harus cakap dalam berkomunikasi dan juga memiliki pengetahuan yang luas tentang topik atau bidang acara yang dia bawakan. Adaptabilitas dan kemampuan berimprovisasi juga merupakan keterampilan yang sangat penting dalam peran ini.

Selain empat profesi di atas, lulusan jurusan Public Relation juga memiliki banyak pilihan karier lainnya. Mereka dapat melanjutkan studi dan menjadi seorang dosen, wartawan, editor, jurnalis, juru bicara, atau bahkan analis.

Bagi Anda yang tertarik mengejar karier di bidang Public Relations, BINUS @Malang menyediakan program yang sesuai dengan kebutuhan industri. Selain pembelajaran tentang keterampilan komunikasi profesional, Anda juga memiliki kesempatan untuk mengikuti program (2+1)+1 yang unik. Dengan demikian, Anda dapat memperoleh pengalaman belajar yang komprehensif dan beragam, yang akan membantu Anda memulai karier PR yang sukses.