News
BINUS University Berkontribusi Kolaborasi Regional Asia Tenggara

BINUS University Berkontribusi Kolaborasi Regional Asia Tenggara

DTUX Regional Hub, sebuah inisiatif dari Singapore Polytechnic yang didukung oleh Temasek Foundation, menjadi perwujudan nyata dari kolaborasi antaruniversitas dalam menghadirkan praktek dan solusi berbasis kemanusiaan atau “humanity-centered innovation”. Regional Hub ini terdiri dari Singapore Polytechnic dari Singapura, BINUS University dari Indonesia, King Mongkut’s Institute of Technology Ladkrabang dari Thailand.

Tim BINUS University yang dipimpin oleh Ari Margiono, PhD sebagai project lead, bersama dengan anggota tim lainnya seperti Ahmad Seiichi Ramadhan, Dr Abdul Rohman, dan Tatum Adiningrum, PhD, telah aktif terlibat dalam berbagai kegiatan DTUX Regional Hub. Pada DTUX Summit 2023, Febby Candra Pratama, Head of Business Incubator dari Binus.

Diskusi antara Prof. Tirta, Don Norman, dan pimpinan konsorsium universitas lainnya juga mengemukakan pentingnya memperhatikan aspek manusia. Sebagai contoh unik, Don Norman menunjukkan perhatiannya pada aspek manusia saat diundang untuk swafoto. Dalam momen tersebut, Don Norman tidak melihat ke arah kamera, melainkan tetap fokus pada Prof. Tirta. Ini merupakan gambaran nyata dari pendekatan “humanity-centric” yang unik dan menarik.

Peran BINUS University dalam memfasilitasi kolaborasi regional di Asia Tenggara semakin terasa signifikan.

Pada tingkat akademik, BINUS University telah menjalin kemitraan dengan berbagai institusi pendidikan di negara-negara tetangga di Asia Tenggara. Kerjasama ini meliputi pertukaran mahasiswa, dosen, dan peneliti, serta pengembangan program studi bersama yang menjangkau berbagai disiplin ilmu.

Selanjutnya, BINUS University juga terlibat dalam proyek-proyek riset bersama yang menangani isu-isu penting yang relevan bagi negara-negara di Asia Tenggara.

Dalam hal kewirausahaan dan inovasi, BINUS University juga telah memainkan peran penting dalam mendukung pengembangan ekosistem startup di Asia Tenggara.