News
Yuk, Kenalan dengan 4 Tren Internet of Things Terkini

Yuk, Kenalan dengan 4 Tren Internet of Things Terkini

Internet of Things (IoT) merupakan teknologi yang memungkinkan suatu objek untuk mengirim data secara mandiri melalui koneksi internet tanpa bantuan manusia dan komputer. Konsep ini memungkinkan berbagai perangkat untuk saling terhubung dan berkomunikasi, membuka pintu untuk sejumlah kemungkinan baru dalam kehidupan sehari-hari. Dengan pertumbuhan yang pesat dalam penggunaan teknologi ini, diperkirakan bahwa ada lebih dari 43 miliar perangkat yang terhubung internet pada tahun 2023.

Penerapan IoT di berbagai sektor diperkirakan dapat mendorong efisiensi, efektivitas, dan konektivitas. Namun, selain potensi manfaatnya yang besar, tren-tren tertentu juga memengaruhi cara pengguna berinteraksi dengan teknologi IoT. Berikut adalah beberapa tren terkini yang memengaruhi penggunaan dan interaksi dengan perangkat IoT sepanjang tahun 2023.

  1. Digital Twin dan Metaverse Perusahaan

    Salah satu tren yang signifikan adalah penggunaan metaverse dalam lingkup bisnis. Metaverse merupakan konsep dunia maya yang mencakup realitas virtual dan fisik, dan menjadi titik temu antara keduanya. Dalam konteks perusahaan, metaverse memungkinkan penciptaan digital twin atau replika digital yang sangat realistis dari berbagai sistem fisik. Data dari sensor IoT digunakan untuk menghasilkan digital twin ini, yang dapat digunakan untuk simulasi berbagai skenario, mulai dari manufaktur hingga ritel. Para pengguna bisnis dapat menggunakan digital twin ini untuk mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang operasional perusahaan dan melakukan eksperimen dengan berbagai pengaturan dan parameter, untuk memengaruhi hasil bisnis secara positif.

  2. Keamanan IoT

    Keamanan IoT menjadi perhatian utama di tahun 2023. Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih di Amerika Serikat, misalnya, berharap untuk menerapkan standar pelabelan keamanan bagi perangkat IoT konsumen. Langkah-langkah sederhana, seperti melawan serangan phishing yang mengancam keamanan data pribadi, menjadi sangat penting. Inisiatif untuk meningkatkan keamanan IoT bertujuan untuk melindungi pengguna dari berbagai ancaman keamanan yang mungkin terjadi.

  3. Internet of Medical Things (IoMT)

    Internet of Medical Things (IoMT) adalah salah satu aplikasi penting dari IoT dalam bidang kesehatan. IoMT melibatkan perangkat dan aplikasi yang terhubung dengan informasi medis, memungkinkan pengumpulan, pengelolaan, dan akses data medis secara real-time. Teknologi ini memungkinkan penyedia layanan kesehatan untuk memberikan perawatan yang lebih baik dan lebih efisien kepada pasien, serta memungkinkan pasien untuk mengakses informasi medis mereka dengan mudah.

  4. Tata Kelola dan Regulasi di Ruang IoT

    Regulasi dan tata kelola menjadi semakin penting dalam mengelola ekspansi IoT. Di Eropa, diperkirakan akan ada peraturan baru yang mengatur cara data dikumpulkan, disimpan, dan digunakan oleh operator dan produsen perangkat pintar.

Dengan berkembangnya teknologi IoT, kita dapat melihat potensi besar dalam meningkatkan efisiensi, produktivitas, dan kualitas hidup.