News
Manfaat Teknologi Meningkatkan Kesehatan dan Keselamatan

Manfaat Teknologi Meningkatkan Kesehatan dan Keselamatan

Manfaat Teknologi Pada Industri manufaktur, dengan segala kompleksitas dan kemajuan teknologinya, seringkali membawa risiko tinggi terkait keselamatan dan kesehatan pekerja. Statistik kecelakaan fatal di industri manufaktur mencerminkan tingginya risiko yang dihadapi oleh para pekerja. Oleh karena itu, penting untuk menjelajahi peran teknologi canggih dalam meningkatkan kondisi keselamatan dan kesehatan di lingkungan kerja.

Tantangan Keselamatan dan Kesehatan di Industri Manufaktur

Data statistik pemerintah Inggris menunjukkan bahwa industri manufaktur, yang melibatkan sekitar 2,5 juta pekerja, mengalami 123 kasus kematian dan 22 kasus cedera fatal dalam kurun waktu antara tahun 2021 dan 2022. Dalam rentang waktu yang sama, lebih dari 3.100 kasus kecelakaan besar dilaporkan setiap tahun, dengan 4.100 kasus kecelakaan kecil. Dampaknya tidak hanya terasa pada para pekerja yang harus cuti lebih dari 7 hari, tetapi juga menyebabkan penundaan dalam rantai pasokan.

Pentingnya Teknologi dalam Mengurangi Kecelakaan

Teknologi menjadi solusi potensial untuk mengatasi tantangan keselamatan dan kesehatan di industri manufaktur. Pemanfaatan teknologi virtual dan augmented reality (VR/AR) menjadi langkah proaktif untuk mengidentifikasi risiko potensial sebelum memasuki area kerja. Headset VR bukan hanya untuk hiburan, tetapi juga digunakan untuk tujuan pelatihan pekerja. Pekerja dapat menggunakan VR/AR untuk mengenali mesin dan memahami risiko yang mungkin timbul selama operasional.

Kecerdasan Buatan (AI) dan Keselamatan di Industri Manufaktur

Ford, produsen mobil Amerika Serikat, telah menunjukkan bagaimana kecerdasan buatan (AI) dapat menyumbang pada penurunan signifikan cedera di pabrik. Dengan otomatisasi beberapa proses manufaktur menggunakan AI dan robot, Ford berhasil mengurangi jumlah kasus cedera hingga 70%. Penerapan teknologi ini membuktikan bahwa fokus pada otomatisasi dan robotika dapat meminimalkan risiko cedera dan kecelakaan di tempat kerja.

Otomatisasi sebagai Pilar Keselamatan di Industri Manufaktur

Perusahaan manufaktur semakin mengakui peran krusial otomatisasi dalam mengembangkan industri mereka. Hasil survei dari Guidance Automation menunjukkan bahwa 73% perusahaan manufaktur percaya bahwa otomatisasi adalah faktor kunci untuk memajukan industri mereka. Otomatisasi bukan hanya berkaitan dengan keselamatan kerja, tetapi juga dapat menyederhanakan prosedur manufaktur secara menyeluruh.

Peran Teknik Industri dan Kualitas Pendidikan

Dalam konteks keselamatan dan kesehatan di industri manufaktur, Manfaat Teknologi bidang Ilmu Teknik Industri memegang peran penting. Implementasi ilmu ini di segala sektor industri memastikan bahwa risiko dapat dikelola dengan baik. Oleh karena itu, peningkatan kualitas pendidikan di jurusan Teknik Industri menjadi suatu keharusan, terutama di era industri 4.0.

Pilihan Karier di Bidang Teknik Industri

Bagi mereka yang berminat terjun ke dunia Teknik Industri, program Industrial Engineering dari BINUS @Kemanggisan dapat menjadi langkah awal yang tepat. Program ini tidak hanya mempersiapkan mahasiswa untuk menjadi profesional di industri manufaktur, tetapi juga membekali mereka dengan pemahaman holistik tentang teknologi canggih yang dapat meningkatkan keselamatan dan kesehatan pekerja.

Dengan menggabungkan teknologi dan ilmu Teknik Industri, perubahan positif dalam dunia manufaktur dapat diwujudkan. Semakin banyak individu yang terlatih dan teredukasi di bidang ini, semakin besar potensi industri manufaktur untuk berkembang secara berkelanjutan dan aman bagi pekerja.