News
Mendorong Tenaga Arsitek Kelas Dunia Himpunan Mahasiswa

Mendorong Tenaga Arsitek Kelas Dunia Himpunan Mahasiswa

Dalam perjalanan perkuliahan, pengembangan diri menjadi bagian integral dari pengalaman mahasiswa. Di Jurusan Arsitektur BINUS UNIVERSITY, mahasiswa memiliki kesempatan untuk bergabung dengan Himpunan Mahasiswa Arsitektur, yang dikenal dengan singkatan HIMARS. HIMARS bukan sekadar tempat berkumpul, melainkan wadah bagi mahasiswa untuk mengembangkan diri dan berpartisipasi dalam berbagai aktivitas yang mendukung pengembangan keahlian.

Sejarah Singkat HIMARS BINUS

HIMARS, awalnya dikenal sebagai HIMTA (Himpunan Mahasiswa Teknik Arsitektur), didirikan pada 22 Desember 1998. Nama HIMTA kemudian berubah menjadi HIMARS untuk menyesuaikan perubahan pada program studi arsitektur, yang awalnya berada di Fakultas Teknik dan kini kembali di bawah naungan Fakultas Sains dan Teknologi BINUS UNIVERSITY.

Kegiatan HIMARS: Pengembangan Keilmuan

Sebagai organisasi mahasiswa berbasis keilmuan, HIMARS berfokus pada pengembangan pengetahuan dan keilmuan para BINUSIAN Arsitektur. Kegiatan pengembangan keilmuan melibatkan berbagai jenis aktivitas, seperti pelatihan, seminar, study tour, dan lomba arsitektur. Partisipasi dalam kegiatan semacam ini membantu mahasiswa mengasah keahlian mereka, mempersiapkan diri untuk persaingan di dunia kerja.

Contoh kegiatan dalam lingkup pengembangan keilmuan HIMARS:

  1. Architecture Grand Festival 2021: Sebuah festival arsitektur yang menggabungkan elemen seni dan teknologi dalam perancangan.
  2. Studi Banding Evaluarsi HIMARS 2021: Kegiatan studi banding untuk mengevaluasi dan meningkatkan kinerja HIMARS.
  3. International Seminarch 2017: Seminar internasional untuk membahas perkembangan terkini dalam bidang arsitektur.
  4. SSEARCH (Sharing Season with HIMARS): Momen berbagi pengetahuan dan pengalaman antaranggota HIMARS.
  5. HIMARS Competition (HIMTION): Lomba arsitektur yang memacu kreativitas dan keahlian desain.

Kegiatan HIMARS: Membangun Relasi

Selain pengembangan keilmuan, HIMARS juga aktif dalam kegiatan yang bertujuan membangun relasi. Kegiatan ini mencakup interaksi internal antar anggota HIMARS dan kolaborasi eksternal dengan pihak lain. Membangun hubungan yang baik memberikan manfaat bagi mahasiswa, baik dalam meningkatkan solidaritas internal maupun mendapatkan informasi berharga dari pihak eksternal.

Contoh kegiatan dalam lingkup membangun relasi HIMARS:

  1. HIMARS Day: Hari khusus yang diadakan untuk mempererat hubungan antaranggota HIMARS.
  2. HIMARS Night: Acara malam yang menyajikan keseruan dan keakraban anggota HIMARS.
  3. Nonton Bareng HIMARS: Kegiatan santai menonton bersama untuk mempererat tali persaudaraan.
  4. Expo HIMARS: Pameran yang menampilkan potensi dan prestasi HIMARS kepada masyarakat kampus.

Kegiatan HIMARS: Pengabdian Masyarakat dan Edukasi

HIMARS juga berperan dalam pengabdian kepada masyarakat dan kegiatan edukasi. Kegiatan ini mencakup upaya membantu masyarakat dan memberikan pemahaman tentang dunia arsitektur. Melalui platform digital seperti media sosial, HIMARS aktif dalam memberikan edukasi mengenai peran arsitektur dalam pembangunan.

Contoh kegiatan dalam lingkup pengabdian masyarakat dan edukasi HIMARS:

  1. HIMARS Peduli: Kegiatan pengabdian kepada masyarakat untuk memberikan bantuan dan dukungan.
  2. #Spasi Seputar Arsitektur: Kampanye edukasi di media sosial untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang arsitektur.
  3. Bakti HIMARS: Kegiatan bakti sosial sebagai bentuk kepedulian HIMARS terhadap masyarakat.
  4. HIMARS Charity: Program amal untuk membantu mereka yang membutuhkan.

Peran Penting HIMARS dalam Pengembangan Mahasiswa

Dengan demikian, HIMARS BINUS UNIVERSITY bukan hanya menjadi tempat asosiasi bagi mahasiswa Arsitektur, melainkan juga wadah pengembangan diri yang holistik. Melalui kegiatan-kegiatan ini, mahasiswa tidak hanya mendapatkan pengetahuan akademis, tetapi juga mengasah keterampilan sosial, kepemimpinan, dan kepedulian terhadap masyarakat. Keberadaan HIMARS adalah bukti nyata bahwa setiap BINUSIAN memiliki peran aktif dalam membangun negeri melalui kontribusi mereka dalam dunia arsitektur dan di luar itu.