News
Pedagogi Training untuk Guru YBHK

Pedagogi Training untuk Guru YBHK

BINUS University menyelenggarakan pelatihan pedagogi atau strategi pembelajaran bagi sejumlah guru dari Yayasan Hati Bunda Kudus. Acara ini berlangsung di Kampus Anggrek, Jalan Raya Kebon Jeruk, Jakarta Barat pada Sabtu (13/8), diikuti oleh lebih dari 50 guru dari tingkat sekolah dasar hingga sekolah menengah atas.

Pelatihan ini mencakup beberapa agenda, salah satunya adalah strategi pembelajaran dengan menggunakan pendekatan ARCS. Model ini diperkenalkan oleh John Keller. Para guru terlihat antusias selama pelatihan berlangsung. Mereka dengan senang hati bertanya dan menyelesaikan tugas pelatihan yang diberikan oleh para pengajar.

“Pelatihan ini sangat berguna dan menambah pengetahuan kita. Kita menjadi tahu ada model pembelajaran terbaru, yaitu model ARCS. Ini membantu kita menjadi lebih spesifik dalam memberikan motivasi kepada anak didik, terutama saya sebagai guru biologi,” ujar Sri Prihartini, guru mata pelajaran biologi di Yayasan Hati Bunda Kudus.

Sri Prihartini berharap bahwa BINUS University akan menyelenggarakan pelatihan Pedagogi lainnya di masa mendatang. Pelatihan ini memberikan gambaran kepada Sri Prihartini tentang cara seorang guru biologi dapat mengajar.

Vero, seorang guru SMP di Yayasan Hati Bunda Kudus, juga menyampaikan bahwa pelatihan ini sangat bermanfaat dan mengubah cara guru memberikan motivasi. “Dengan pelatihan ini, pandangan saya terbuka. Kita jadi tahu cara memenuhi kebutuhan anak,” ungkapnya.

Para guru yang mengikuti pelatihan ini memberikan respons positif, menganggapnya sebagai pengalaman yang berharga untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. Mereka menyambut baik adanya inovasi dalam dunia pendidikan, terutama dalam hal strategi pembelajaran yang dapat lebih mengoptimalkan potensi siswa.

BINUS University diapresiasi atas inisiatifnya untuk berkontribusi dalam pengembangan keilmuan dan keterampilan para pendidik. Dengan menggelar pelatihan semacam ini, BINUS University turut mendukung peningkatan standar pendidikan di Indonesia. Seiring dengan perkembangan pendidikan global, semakin banyak institusi yang sadar akan pentingnya memberikan dukungan kepada para pendidik agar mereka dapat lebih efektif dalam memahami dan memenuhi kebutuhan beragam peserta didik di era modern ini.