News
Pentingnya Nilai Integritas Diri di Era Digital Kini

Pentingnya Nilai Integritas Diri di Era Digital Kini

Integritas, sebuah nilai yang tak asing bagi para BINUSIAN, menjadi fondasi utama dalam membentuk karakter mahasiswa. Nilai ini bukan hanya tentang tindakan yang benar saat ada pengawasan, melainkan mencerminkan kesesuaian antara perkataan dan perilaku. Di dalam lingkungan perkuliahan, nilai integritas memegang peranan kunci, dan dalam era kuliah online, tantangan menjaga integritas semakin nyata.

Arti Integritas di Dunia Pendidikan
Integritas dalam konteks pendidikan tidak hanya berkaitan dengan menghindari tindakan plagiat atau kecurangan selama ujian. Lebih dari itu, integritas mencakup keberanian untuk bertindak sesuai dengan norma-norma moral, kejujuran, dan konsistensi antara perkataan dan tindakan. Sebagai bagian dari nilai-nilai budaya SPIRIT (Striving for excellence, Perseverance, Integrity, Respect, Innovation, dan Teamwork), integritas menjadi pondasi bagi mahasiswa BINUSIAN.

Tantangan Integritas dalam Kelas Online
Kuliah online membawa tantangan tersendiri terkait menjaga integritas. Seiring dengan transisi ke pembelajaran jarak jauh, terdapat godaan untuk mengabaikan norma-norma etika dan nilai moral. Beberapa mahasiswa mungkin merasa bahwa kehadiran fisik yang tidak terpantau membuat mereka bisa berperilaku kurang tertib.

Namun, menjaga integritas di kelas online sama pentingnya dengan di kelas tatap muka. Integritas adalah tentang kualitas karakter yang dibangun oleh individu, tidak tergantung pada sejauh mana pengawasan eksternal dapat dilakukan.

Cara Menjaga Integritas saat Kuliah Online

Patuhi Kesepakatan Bersama: Setiap kelas online memiliki aturan dan kesepakatan sendiri. Mahasiswa diharapkan untuk mematuhi peraturan-peraturan ini, yang sering kali dibuat agar suasana kelas tetap kondusif. Kesepakatan bersama antara dosen dan mahasiswa perlu dijunjung tinggi untuk menciptakan lingkungan belajar yang positif.

Bangun Relasi Positif: Meskipun kelas dilakukan secara online, mahasiswa tetap dapat membangun relasi positif dengan dosen dan teman sekelas. Interaksi di luar materi pembelajaran, seperti menyapa saat masuk kelas dan berpartisipasi aktif dalam diskusi, dapat menciptakan ikatan yang positif.

Terapkan Peraturan Kelas Offline: Meskipun dalam dunia maya, prinsip-prinsip peraturan kelas offline tetap berlaku. Hindari menggunakan fitur chat berlebihan, terutama saat dosen sedang memberikan penjelasan. Perhatikan etika berkomunikasi online agar suasana kelas tetap kondusif.

Jujur pada Diri Sendiri: Integritas pada dasarnya adalah tentang kejujuran pada diri sendiri. Saat mahasiswa melanggar aturan atau kesepakatan, yang terutama terjadi di luar pandangan pengawas, itulah saat kejujuran dan integritas diri diuji. Menjaga kualitas karakter adalah tanggung jawab pribadi.

Integritas sebagai Pondasi Karakter BINUSIAN
Integritas tidak hanya merupakan tindakan eksternal yang dapat dilihat oleh orang lain, melainkan juga bagian dari nilai-nilai internal yang membentuk karakter mahasiswa. Nilai ini tercermin dalam sikap jujur, adil, menghormati, bertanggung jawab, dan berani melakukan yang benar. Dalam kelas online, nilai integritas menjadi tolok ukur kualitas pendidikan yang diterapkan.

Sebagai BINUSIAN, menjaga integritas selama perkuliahan online adalah kontribusi terhadap pembentukan pribadi yang dapat dipercaya dan diandalkan di dunia profesional. Kualitas pendidikan yang baik tidak hanya mengandalkan kecerdasan akademis, tetapi juga karakter yang kokoh. Dengan memahami arti integritas dan menjalankannya dengan konsisten, mahasiswa BINUSIAN akan siap menghadapi tantangan di dunia kerja dan masyarakat.