News
Perjuangan Marcelin dari Papua Berhasil Menjadi Sarjana

Perjuangan Marcelin dari Papua Berhasil Menjadi Sarjana

Perjuangan Marcelin Putri Kijne Wally, lulusan Manajemen dari BINUS UNIVERSITY, merayakan keberhasilannya menyelesaikan pendidikan. Sebagai penerima Beasiswa Afirmasi ADIK Papua, ia merampungkan studinya dengan pengalaman magang di perusahaan-perusahaan ternama, PT Freeport Indonesia dan PT Bank Rakyat Indonesia.

“Wisuda ini saya persembahkan untuk kedua orangtua yang sedang menyaksikan di surga dan juga untuk kedua adik saya. Sangat bersyukur, dapat menyelesaikan kuliah yang saya jalani dengan pengalaman belajar yang luar biasa,” ungkap Marchelin.

Cerita keberhasilan juga datang dari Putri Ayu, lulusan Magister Akuntansi BINUS Graduate Program yang kini menjabat sebagai Direktur di salah satu perusahaan kelapa sawit. Pengalaman belajarnya di BINUS, yang menerapkan sistem blended learning, memberikan kesan mendalam baginya.

Kisah sukses Marchelin dan Putri Ayu adalah sebagian dari 6.334 cerita keberhasilan BINUSIAN yang diwisuda dalam acara Wisuda ke-68 BINUS UNIVERSITY di Jakarta Convention Center (JCC) pada tanggal 18-20 November 2023, yang dibagi dalam enam sesi. Keberhasilan mereka tidak hanya menjadi puncak perjalanan pendidikan, tetapi juga menjadi inspirasi bagi generasi berikutnya.

Perjuangan Marcelin Wisuda 68 BINUS

“Wisuda 68 BINUS ini merupakan perhelatan wisuda dengan jumlah lulusan terbanyak dengan jumlah 6.334 wisudawan dan wisudawati. Sebuah kebanggaan, lulusan BINUS UNIVERSITY diharapkan akan berkontribusi meningkatkan sumber daya manusia handal dalam menyongsong Indonesia Emas 2045.

Dari jumlah Wisudawan/ti tersebut, 88,81% lulus tepat waktu dengan 91,94% lulusan memiliki IPK >3,00. IPK rata-rata lulusan adalah 3,48. Sebanyak 77% lulusan Sarjana telah bekerja dengan 23% di antaranya bekerja di perusahaan global, 28% bekerja di Perusahaan non-global/nasional teratas, 18% menjadi wirausahawan, 5% berkerja di Perusahaan startup, dan 3% melanjutkan studi.

Marcelin Salah Satu Tulang Punggung Keluarga Berhasil Wisuda

Prestasi yang diraih oleh para wisudawan/wisudawati dari BINUS UNIVERSITY mendapatkan apresiasi dari Prof. Dr. Toni Toharudin, S.SI., M.Sc., Kepala LLDIKTI Wilayah III DKI Jakarta. Dalam sambutannya, Prof. Toni menekankan tiga kunci utama untuk mempersiapkan generasi unggul menuju Indonesia Emas 2045. Ketiga, pendidikan inovatif harus senantiasa bergerak seiring perkembangan zaman.

Prof. Toni juga menekankan pentingnya Indonesia menjadi negara dengan lebih banyak pengusaha untuk menghindari jebakan middle-income trap. Hal ini bertujuan agar Indonesia dapat menjadi negara maju sebelum batas waktu bonus demografi habis pada tahun 2036.