News
sebagai Guru Besar, Prof. Amalia Menciptakan Alumni “Connected”

sebagai Guru Besar, Prof. Amalia Menciptakan Alumni “Connected”

Pentingnya mengelola branding universitas tidak dapat dipandang sebelah mata, terutama dalam konteks kompleksitas hubungan dengan para alumni. Prof. Amalia E. Maulana, Ph.D., seorang akademisi terkemuka, dalam orasinya “Peranan Alumni ‘Soulmate’ dalam Branding Universitas”, menggarisbawahi pentingnya keterlibatan alumni sebagai elemen kunci dalam memperkuat citra dan reputasi sebuah institusi pendidikan.

Membangun Koneksi yang Autentik dengan Alumni

Prof. Amalia menyoroti bahwa pendekatan tradisional dalam mengelola hubungan dengan alumni, terutama dalam mengidentifikasi “Golden Alumni”, tidak selalu efektif. Studi etnografi yang dilakukan menemukan bahwa tingkat keterlibatan dan keterikatan emosional alumni dengan almamater mereka beragam, dan tidak selalu berkorelasi dengan kesuksesan finansial atau jabatan yang dimiliki.

Pentingnya Connectedness dalam Hubungan Alumni-Almamater

Konsep Connectedness, yang mencakup Relatability, Dependency, dan Sense of Community, menjadi kunci dalam memahami hubungan antara alumni dan almamater. Ini menyoroti bahwa hubungan yang kuat tidak hanya didasarkan pada prestasi materi, tetapi juga pada kedekatan emosional dan rasa memiliki terhadap institusi.

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Alumni

Dalam menjaga kepuasan alumni, terdapat empat faktor utama yang perlu diperhatikan: informativeness, responsiveness, rekognisi, dan personal brand contact point.

Peran Strategis Alumni Soulmates dalam Branding Universitas

Ini menekankan perlunya perhatian khusus terhadap alumni agar tetap terlibat dan tidak merosot menjadi sekadar teman biasa.

Menghadapi Tantangan dengan Pengalaman Mahasiswa yang Memuaskan

Pada akhir orasinya, Prof. Amalia menggarisbawahi pentingnya pengalaman mahasiswa yang menyenangkan dalam membangun koneksi jangka panjang antara mahasiswa dan almamater. Fasilitas pengalaman yang menyenangkan untuk mahasiswa akan membentuk ikatan yang kuat, menjadikan mereka alumni yang terhubung secara emosional dengan almamater.

Kesimpulan

Prof. Amalia E. Maulana, Ph.D., dengan pengalaman luasnya di industri dan akademisi, menyoroti pentingnya pengelolaan hubungan dengan alumni dalam membangun branding universitas yang kuat dan berkelanjutan. Dengan fokus pada konsep Connectedness dan perhatian terhadap faktor-faktor yang memengaruhi kepuasan alumni, institusi pendidikan dapat memperkuat hubungan dengan alumni dan meningkatkan citra mereka di mata publik.