News
Sistem Pembelajaran Berbasis Teknologi Manfaat Apa Saja?

Sistem Pembelajaran Berbasis Teknologi Manfaat Apa Saja?

Pekerjaan yang populer saat ini ternyata telah dicetuskan beberapa dekade sebelumnya. Hal ini menegaskan betapa pentingnya pendidikan tinggi dalam membekali lulusannya dengan keterampilan yang relevan untuk menunjang karier di masa depan. Untuk itu, BINUS UNIVERSITY telah mengambil langkah maju dengan menerapkan sistem pembelajaran berbasis teknologi secara masif di semua aspek, jauh sebelum situasi pandemi mendorong percepatan teknologi dalam dunia pendidikan.

Pandemi memberikan dorongan tambahan terhadap pengembangan teknologi di jenjang perguruan tinggi. Meski demikian, BINUS UNIVERSITY telah memimpin dengan contoh, menerapkan sistem pembelajaran berbasis teknologi secara luas. Sistem ini mendukung pembentukan ekosistem pendidikan yang fleksibel, mudah diakses dari berbagai lokasi dan kapan saja, tanpa mengurangi esensi dari proses perkuliahan.

Sistem pembelajaran berbasis teknologi di BINUS UNIVERSITY didesain untuk memberikan pengalaman pembelajaran yang optimal. Keberhasilan pengaplikasian teknologi dalam pendidikan tinggi terlihat dari berbagai manfaat yang dihasilkan. Berikut penjelasan lebih lanjut.

Mengenal Teknologi BINUSMAYA

BINUSMAYA menjadi elemen integral dalam kehidupan mahasiswa BINUSIAN. Kehadirannya sangat penting untuk menunjang aktivitas perkuliahan sehingga tanpa BINUSMAYA, pelaksanaan kegiatan akademis akan terasa sulit. Sebagai platform pembelajaran online, BINUSMAYA memiliki peran strategis sebagai sarana komunikasi antara mahasiswa, dosen, dan bagian pelayanan BINUS UNIVERSITY.

BINUSMAYA mengadopsi bentuk Learning Management System (LMS) yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan BINUSIAN dalam mendukung pembelajaran berbasis teknologi melalui Multi Channel Learning (MCL). Akses ke BINUSMAYA dapat dilakukan melalui peramban web (browser) atau dengan mengunduh aplikasinya melalui App Store dan Play Store.

Dengan sistem yang ada, BINUSIAN telah terbiasa dengan pembelajaran jarak jauh secara daring. Selama masa pandemi, sistem perkuliahan BINUS UNIVERSITY tetap berjalan tanpa mengalami perubahan signifikan, bahkan mendorong dosen, mahasiswa, dan staf kampus untuk lebih memaksimalkan fungsi platform ini. Keberhasilan BINUS UNIVERSITY dalam mengimplementasikan BINUSMAYA membuktikan kesiapan mereka dalam menghadapi tantangan pembelajaran di era digital.

Bagi mahasiswa, BINUSMAYA memiliki beberapa manfaat, antara lain:

  • Memuat jadwal perkuliahan berikut update terkini.
  • Mempermudah akses materi perkuliahan.
  • Mengumpulkan tugas kuliah lebih praktis (dan hemat kertas!).
  • Menangani berbagai urusan administrasi kampus dari mana saja.
  • Leluasa berdiskusi dengan dosen dan teman sekelas melalui forum diskusi.
  • Bisa melakukan video conference langsung dari aplikasi agar suasana kelas lebih “hidup”.

Manfaat Penerapan Teknologi dalam Pembelajaran: Pengalaman dengan BINUSMAYA

Dengan kehadiran BINUSMAYA, kita dapat menyadari betapa pentingnya menerapkan pembelajaran berbasis teknologi. Di era digital saat ini, teknologi telah menyeluruh dalam kehidupan sehari-hari, terutama dalam sektor pendidikan. Penerapan teknologi dalam pendidikan tidak hanya mempercanggihkan sistem pembelajaran, tetapi juga memberikan berbagai manfaat, antara lain:

Memperluas Jejaring Sosial secara Nasional dan Internasional

Teknologi membuka pintu bagi kolaborasi tanpa batas geografis. Aplikasi konferensi video, sebagai contoh, memungkinkan dosen untuk mengundang dosen tamu dari luar Indonesia untuk berbagi pengalaman. Kesempatan ini menjadi momen berharga untuk memperluas jejaring sosial, yang seharusnya dimanfaatkan sebaik mungkin.

Mempermudah Kolaborasi dan Komunikasi

Penggunaan teknologi juga dapat mempermudah kolaborasi dan komunikasi, baik antara dosen dan mahasiswa maupun sesama mahasiswa. Dalam konteks kelas online, mahasiswa dapat berdiskusi secara intensif melalui konferensi daring dan mempresentasikan hasilnya di depan dosen. Sementara itu, dosen dapat menilai tugas mahasiswa melalui platform LMS dan mengukur keterlibatan aktif mereka di forum diskusi.

Menyesuaikan Proses Belajar dengan Gaya Belajar Individu

Dengan adanya platform Learning Management System (LMS) seperti BINUSMAYA, proses belajar dapat disesuaikan dengan gaya belajar masing-masing individu. Fitur ini memungkinkan akses ke materi kuliah 24/7, dengan jadwal kelas yang terinci, baik dalam format online, offline, maupun hybrid. Semua skenario pembelajaran ini memberikan penekanan pada penggunaan teknologi yang dapat diadaptasi sesuai dengan kebutuhan dan gaya belajar unik setiap mahasiswa.

Mahasiswa memiliki kebebasan untuk membaca ulang materi yang telah diunggah atau menonton rekaman video kelas online. Selain itu, data aktivitas online terkait pembelajaran memberikan wawasan kepada dosen mengenai bagian materi yang dianggap sulit oleh mahasiswa, serta menunjukkan mahasiswa mana yang memerlukan bimbingan tambahan.

Menggerakkan Rasa Ingin Tahu melalui Konten Menarik

Pemanfaatan teknologi yang tepat dan disajikan melalui konten menarik dapat menggerakkan rasa ingin tahu mahasiswa. Media pembelajaran tidak hanya terbatas pada materi teks, audio, dan video, tetapi juga mencakup kuis interaktif, teknologi augmented reality (AR), hingga podcast. Keanekaragaman media ini memberikan semangat kepada mahasiswa dalam menyelesaikan tugas dan meningkatkan kualitas pembelajaran.

Ulasan ini mencerminkan keseriusan BINUS UNIVERSITY sebagai perguruan tinggi kelas dunia dalam menerapkan teknologi dalam sistem pembelajaran. Langkah ini sejalan dengan standar kompetensi global yang diterapkan pada BINUSIAN, yaitu penguasaan digital dan teknologi. Lebih dari itu, BINUSIAN diharapkan mampu menggunakan teknologi untuk pemberdayaan dan transformasi sosial yang berdampak positif pada masyarakat. Oleh karena itu, penguasaan teknologi tidak hanya memberikan manfaat pribadi, tetapi juga menjadi kontribusi bagi kemajuan bangsa Indonesia.